Translate

Friday, April 18, 2014

Lulusan Vokasi UMY Dibidik Industri Automotif


Ilustrasi: College CuresIlustrasi: College CuresJAKARTA - Lulusan program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dilirik oleh industri. Dua perusahaan automotif ternama memutuskan untuk melakukan kerja sama terkait perekrutan karyawan dari para lulusan terbaik Vokasi UMY.

Melalui kerja sama tersebut, pada Agustus mendatang, 60 mahasiswa terpilih dari program Vokasi UMY akan mengikuti proses penyaringan ketenagakerjaan dari dua perusahaan automotif terkemuka, yakni New Armada dan Suzuki Medan Jaya.

Seleksi tahap awal secara internal akan dilaksanakan oleh tim dari program vokasi yang diketuai oleh Direktur Vokasi UMY Sukamta. Dia menyebut, proses seleksi tersebut mengedepankan soft skilldibandingkan hard skill yang dimiliki para mahasiswa.

"Kami lebih mengutamakan mahasiswa yang bisa bekerja dengan tim, jujur, disiplin bekerja termasuk patuh pada jam kerja, serta motivasi bekerjanya baik. Lebih baik mendidik mahasiswa yang baik soft skill-nya, karena kemampuan hard skill dididik dua bulan saja sudah cukup,” ungkap Sukamta, seperti dilansir laman UMY, Jumat (4/4/2014).

Pendapat serupa disampaikan Human Capital Development Dept Head New Armada, Meytasari Ayu H. Dia menegaskan, seusai lolos seleksi tahap pertama, para mahasiswa terpilih akan diberikan pelatihan hard skill selama dua bulan di training center kemudian dilanjutkan dengan empat bulan terjun ke bidang produksi New Armada.

"Selama enam bulan di New Armada ke depan, mereka langsung menjalani proses screening untuk memilih mahasiswa mana saja yang bisa langsung kami rekrut di New Armada dengan memperhatikan kemampuan hard skill mereka seperti proses manufaktur, pengelasan, pengecatan, dan sebagainya," papar Meytasari.

Sementara itu, perwakilan dari Suzuki Medan Jaya Moh Khalil menekankan pentingnya pelatihan praktik langsung di industri automotif bagi para mahasiswa vokasi. Para mahasiswa, lanjutnya, bisa mempelajari banyak hal lewat pengalamanan langsung sehingga memperkaya ilmu yang diperoleh selama kuliah.

"Dengan adanya kesempatan ini maka mahasiswa diberikan kesempatan dan pengalaman untuk bersaing dengan kompetitor mereka. Sebab dalam praktik ini, mahasiswa diperikan pemahaman after sales memperikan layanan prima bagi konsumen sehingga butuh kompetensi pelayanan yang luar biasa," tutur Khalil

No comments:

Post a Comment